ALAT PERAGA MATEMATIKA (APM) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) MATERI PERKALIAN
S
|
ering
kali kita banyak menemukan siswa Sekolah Dasar yang masih belum bisa juga mengetahui
mengenai perkalian dasar. Hal itu dilihat dari masih banyaknya juga siswa
tingkat menengah yang masih kesullitan dalam menghitung perkalian. Itu
menandakan bahwa ada sesuatu yang kurang tepat atau mungkin kurang memberikan
pemahaman pada siswa mengenai konsep perkalian. Jika pada jaman dahulu teknik
pembelajaran untuk operasi perkalian dilakukan dengan metode hafalan dan hal
tersebut berhasil dilakukan. Maka di jaman sekarang metode itu dirasa kurang
efektif karena semakin minimnya minat siswa untuk membaca, siswa lebih dirasa
mudah menghafal jika mereka melakukannya sambil bermain. Oleh karena itu, “Tabel
Perkalian” yang kami buat diharapkan bisa membantu siswa agar lebih mudah
menghafal juga memahami proses perkalian dimana perkalian tidak dirasa sulit
karena bisa dilakukan sambil bermain.
Gambar
1 alat peraga matematika (jika ada)
B. Bahan
Yang digunakan untuk membuat alat peraga matematika
Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat
alat peraga tersebut dengan mengisi tabel berikut:
No
|
Nama
Bahan
|
Kuantitas
|
Prediksi
harga
|
Keterangan
|
1.
|
Sterofoam
|
2
|
Rp. 7000
|
Beli
|
3.
|
Botol bekas
|
10
|
-
|
Barang bekas
|
4.
|
Perekat
sterofoam
|
1
|
Rp. 5000
|
Beli
|
5.
|
Spidol
|
1
|
Rp. 8000
|
Beli
|
6.
|
Lilin
|
2
|
Rp. 1000
|
Beli
|
C. Alat
yang digunakan untuk membuat alat peraga matematika
1.
Cutter sharp
2.
Gunting
3.
Penggaris
D. Cara
pembuatan alat peraga matematika
1. Potong sterofoam yang sudah disiapkan menjadi dua
bagian.
2. Rapihkan sisi dari setiap sterofoam agar terlihat
rapih.
3. Potong bagian atas botol ambil bagian mulut botol
beserta tutup botolnya.
4. Lakukan langkah ke-tiga tabel perkalian yang akan dibuat.
5. Setelah mulut botol dan tutup botol siap digunakan,
siapkan papan tabel perkaliannya.
6. Tuliskan urutan perkalian pada sterofoam yang sudah
dibungkus oleh kertas karton, buat semenarik mungkin.
7. Setelah urutan perkalian selesai dibuat, pasang mulut
botol untuk ruas hasil dari perkalian.
8. Beri angka jawaban dari perkalian diruas kiri pada
tutup botol menggunakan spidol untuk digunakan sebagai jawaban pada ruas kanan.
9. Jika jawaban sudah ditulis maka “Tabel Perkalian” siap
untuk digunakan.
E. Cara
menggunakan alat peraga matematika
1.
Lepaskan
terlebih dahulu semua tutup botol yang terpasang pada ruas kanan sebelum
digunakan.
2.
Lalu letakan “Tabel
Perkalian” ditempat yang mudah dilihat oleh siswa agar siswa bisa
memperhatikan dengan baik.
3.
Pasangkan tutup
botol pada ruas sebagai jawabn dari
operasi perkalian dengan tepat.
4.
Biarkan siswa
mencoba untuk menjawab soal perkalian satu persatu dengan memasangkan tutup
botol sesuai hasil perkalian dengan tepat dan benar.
DAFTAR
PUSTAKA
https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/wow/11-alat-peraga-pendidikan-keren-ini-terbuat-dari-bahan-murah-meriah-161030d.html
Komentar
Posting Komentar