ALAT PERAGA MATEMATIKA (APM) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) MATERI PERKALIAN


TABEL PERKALIAN

TABEL PERKALIAN
A.     Deskrpsi Tabel Perkalian


S
ering kali kita banyak menemukan siswa Sekolah Dasar yang masih belum bisa juga mengetahui mengenai perkalian dasar. Hal itu dilihat dari masih banyaknya juga siswa tingkat menengah yang masih kesullitan dalam menghitung perkalian. Itu menandakan bahwa ada sesuatu yang kurang tepat atau mungkin kurang memberikan pemahaman pada siswa mengenai konsep perkalian. Jika pada jaman dahulu teknik pembelajaran untuk operasi perkalian dilakukan dengan metode hafalan dan hal tersebut berhasil dilakukan. Maka di jaman sekarang metode itu dirasa kurang efektif karena semakin minimnya minat siswa untuk membaca, siswa lebih dirasa mudah menghafal jika mereka melakukannya sambil bermain. Oleh karena itu, “Tabel Perkalian” yang kami buat diharapkan bisa membantu siswa agar lebih mudah menghafal juga memahami proses perkalian dimana perkalian tidak dirasa sulit karena bisa dilakukan sambil bermain.
 














Gambar 1 alat peraga matematika (jika ada)


B.     Bahan Yang digunakan untuk membuat alat peraga matematika
Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga tersebut dengan mengisi tabel berikut:
No
Nama Bahan
Kuantitas
Prediksi harga
Keterangan
1.
Sterofoam
2
Rp. 7000
Beli
3.
Botol bekas
10
-
Barang bekas
4.
Perekat sterofoam
1
Rp. 5000
Beli
5.
Spidol
1
Rp. 8000
Beli
6.
Lilin
2
Rp. 1000
Beli
C.     Alat yang digunakan untuk membuat alat peraga matematika
1.      Cutter sharp
2.      Gunting
3.      Penggaris

D.    Cara pembuatan alat peraga matematika
1.      Potong sterofoam yang sudah disiapkan menjadi dua bagian.
2.      Rapihkan sisi dari setiap sterofoam agar terlihat rapih.
3.      Potong bagian atas botol ambil bagian mulut botol beserta tutup botolnya.
4.      Lakukan langkah ke-tiga  tabel perkalian yang akan dibuat.
5.      Setelah mulut botol dan tutup botol siap digunakan, siapkan papan tabel perkaliannya.
6.      Tuliskan urutan perkalian pada sterofoam yang sudah dibungkus oleh kertas karton, buat semenarik mungkin.
7.      Setelah urutan perkalian selesai dibuat, pasang mulut botol untuk ruas hasil dari perkalian.
8.      Beri angka jawaban dari perkalian diruas kiri pada tutup botol menggunakan spidol untuk digunakan sebagai jawaban pada ruas kanan.
9.      Jika jawaban sudah ditulis maka “Tabel Perkalian” siap untuk digunakan.

E.     Cara menggunakan alat peraga matematika
1.      Lepaskan terlebih dahulu semua tutup botol yang terpasang pada ruas kanan sebelum digunakan.
2.      Lalu letakan “Tabel Perkalian” ditempat yang mudah dilihat oleh siswa agar siswa bisa memperhatikan dengan baik.
3.      Pasangkan tutup botol pada ruas  sebagai jawabn dari operasi perkalian dengan tepat.
4.      Biarkan siswa mencoba untuk menjawab soal perkalian satu persatu dengan memasangkan tutup botol sesuai hasil perkalian dengan tepat dan benar.




 


DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/wow/11-alat-peraga-pendidikan-keren-ini-terbuat-dari-bahan-murah-meriah-161030d.html

Komentar