Alat Peraga Edukatif Matematika
Matematika merupakan ilmu tentang
bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan
dengna prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian persoalan
mengenai bilangan (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1991)). Matematika
juga didefinisikan sebagai sesuatu ynag berkaitan dengan ide-ide/konsep-konsep
abstrak yang tersusun secara hirarkis melalui penalaran yang bersifat deduktif.
Sedangkan untuk anak usia dini merupakan suatu kegiatan belajar mengenai konsep
matematika yang dituangkan/disajikan melalui aktifitas bermain dalam kegiatan
sehari-hari dan bersifat ilmiah.
Anak pada usia TK berada pada tahapan
praopersional konkret yaitu tahap persiapan kearah pengorganisasian pekerjaan
yang konkrit dan berpikir intuitif dimana anak mampu mempertimbangkan ana yang
besar dan kecil, bentuk dan benda-benda didasarkan pada interpretasi dan
pengalamanya (presepsi pribadinya). Anak pada usia TK merupakan masa yang
sangat strategis untuk mengenalkan konsep berhitung terhadap anak karena anakpada
usia ini sangat peka terhadap rangsangan. Rasa ingin tahu yang tinggi akan
tersalurkan secara optimal apabila medapat stimulasi, rangsangan atau motivasi
yang sesuai dengan masa perkebangannya. Diyakini bahwa anak akan lebih berhasil
apabila sesuatu yang ia pelajari sesuai dengan minat, kebutuhan dan
kemampuannya. Maka dari itu, pengenalan berhitung sebagai langkah awal
penanaman kosep matematika kepada anak usia dini, karena bermain merupakan
wahana belajar dan berkegiatan bagi anak tentunya akan lebih efektif apabila
pembelajaranya di tuangkan dan disajikan dalam sebuah permainan edukatif salah
satunya dengan menggunakan APE (Alat Peraga Edukatif Matematika) sebagai media
pembelajaran.
Papan Pintar ini merupakan salah satu
wujud dari APE yang dapat membantu anak untuk mengetahui dasar-dasar
pembelajaran berhitung (matematika), sehingga nanti ketika anak mulai menginjak
jenjang pendidikan selanjutnya akan siap mengikuti pembelajaran matematika yang
lebih komplek. Alat peraga edukatif matematika ini saya berinama “Papan Pintar” karena mempunyai banyak kegunaan dan dapat membantu
mengembangkan kreativitas anak melaui tiga hal keterampilan motoric halus dan
wawasan berpikir anak, kemampuan sosial emosional anak dan kemampuan kognisi
(kecerdasan).
Manfaat dan Keguanaan
Alat peraga
ini dapat membantu pengajar untuk memperkenalkan matematika dan menerapkan
konsep dasar matematika pada usia dini, dimana mempunyai kegunaan sebagai
berikut:
1.
Mengenalkan angka kepada anak;
2. Melatih
keterampilan anak dengan bagaimana cara anak memasangkan karet gelang pada
tutup botol yang sudah ditempel berdasarkan jumlah angka yang muncul dari
lemparan dadu.
3. Memperkenalkan
operasi hitung penjumlahan dan pengurangan;
4. Memperkenalkan
bangun datar, secara tidak langsung juga dapat memperkenalkan macam-macam warna
kepada anak;
Bahan
Yang Digunakan
1.
Kardus bekas
2.
Tutup botol
bekas
3.
Lem
4.
Kertas
metalik dan origami
5.
Karet gelang
6.
Doble tip
7.
Sepidol warna
Alat Yang Digunakan
1.
Gunting
2.
Penggaris
3.
Pensil
4.
Penghapus
5.
Spidol warna
6.
Tip-x
Cara Pembuatan
1.
Potong kardus bekas yang sudah disiapkan dengan ukuran
sesuai yang dibutuhkan, buat beberapa potongan kardus minimal 2.
2.
Rapihkan sisi dari setiap kardus bekas agar terlihat
rapih.
3.
Agar APE tidak mudah rusak maka kita bisa menempelkan
beberapa lapis kardus yang sudah dipotong agar lebih tebal dan kuat.
4.
Tempelkan kertas metalik menggunakan lem serapih
mungkin pada kardus yang sudah ditempel dan dipotong tadi agar APE terlihat
lebih menarik dan berwarna.
5.
Gambar kotak-kotak kecil diatas kardus sebagai
6.
Kumpulkan tutup botol yang telah disiapkan kemudian
berikan lem pada setiap tutup botol sebagai perekat untuk ditempel di atas
papan (kardus).
7.
Tempelkan tutup botol pada papan (kardus) secara
tersusun serapih mungkin.
8.
Sembari menunggu lem kering kita membuat dadu terlebih
dahulu dengan kardus bekas yang telah disiapkan dengan menempelkan kertas
origami sebagai pewarna.
9.
Memotong kertas origami untuk dibuat berbagai macam
bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga dan sebagainya.
10.
Tempelkan potongan origami tersebut dengan memberikan
keterangan nama bentuk bangun datar yang telah ditempel pada sebagian lahan di
atas papan.
11.
Menuliskan angka dengan tersusun mulai dari angka 1
dan seterusnya pada setiap tutup botol yang telah disusun.
12.
Sebagian papan lagi kita gunakan sebagai sarana untuk
mengenalkan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada anak.
13.
Setelah semua
selesai maka “Papan Pintar” siap untuk digunakan.
Cara Menggunakan Alat Peraga
1.
Letakan “Papan PIntar” ditempat yang strategis
agar mudah dilihat oleh anak; sehingga dapat memperhatikan dengan baik;
2.
Meminta salah satu anak untuk maju kedepan;
3.
Meminta anak untuk melempar dadu yang telah
dipersiapkan;
4.
Setelah muncul sejumlah angka dari dadu kemudian kita
suruh anak untuk memasangkan karet gelang yang disediakan pada tutup botol yang
ada di atas papan dengan jumlah angka
yang muncul pada dadu, posisi bebas sesuai keinginan anak, lakukan itu
minimal satu pelemparan dadu (disesuaikan dengan kebutuhan);
5.
Setelah karet gelang terpasang di tutup botol kemudian
guru mulai bertanya pada anak bentuk apakah yang terbentuk dari karet gelang
dan tutup botol tersebut, apakah sesuai dengan salah satu gambar bangun datar
yang ada di samping? dan meminta anak untuk menunjukan gambar yang cocok dan
meminta anak untuk menyebutkan warnanya.
kemudian meminta anak untuk menghitung
jumlah tutup botol yang dipasangkan karet gelang, setelah anak menyebutkan
jumlahnya guru kemudian meminta anak untuk menunjukan angka yang anak sebutkan
(apabila anak belum tahu maka guru harus memperkenalkan anak pada konsep
matematika yang paling dasar yaitu pengenalan angka);
6.
Untuk anak usia TK yang mungkin sudah lebih siap untuk
mulai mengenal operasi hitung maka kita dapat mengenalkanya dan mulai meminta
anak untuk mempraktekannya.
7.
Biarkan semua anak mencoba satu persatu secara
bergantian dengan catatan penggunaan APE ini “disesuaikan dengan kebutuhan dan
kesiapan anak”
Sumber Elektronik
Forum
sahabat keluarga, TK Pembina Selupu Rejang, 2019. Fungsi APE Anak Usia Dini,
diakses pada 12 Juni 2020, dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/forum/showthread.php?tid=18584
Kompasiana,
2016. Pengenalan Matematika Pada Usia Dini, di akses pada tanggal 12 Juni 2020,
dari https://www.kompasiana.com/erminurcholimah/56f21b2ac222bd221c0871ff/pengenalan-matematika-pada-anak-usia-dini#
Untuk lebih jelasnya dapat ditonton di chanel youtube pribadi saya dengan link seperti di bawah ini:
https://youtu.be/0XkWXBtaOVE
Sebelumnya saya mengucapkan Terimaksih karena telah berkenan mengunjungi blog saya dan semoga tulisan yang saya share ini dapat bermanfaat amiiin....
Mantap. Sangat bermanfaat
BalasHapusBagus, buat metode belajar bagi anak anak sangat baik
BalasHapusKeren sin👍
BalasHapus